Program Magang Mahasiswa Bersertifikat PT ASABRI BUMN

PMMB (Program Magang Mahasiswa Bersertifikat) adalah program hasil kerja sama antara Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dengan Kementerian BUMN. Program ini dirancang Pemerintah melalui FHCI (Forum Human Capital Indonesia) untuk meningkatkan kompetensi lulusan perguruan tinggi agar sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Selain itu, program ini diharapkan dapat meningkatkan ‘link and match’ antara perguruan tinggi sebagai pencetak sumber daya manusia (SDM) berkualitas dengan perusahaan atau industri sebagai pengguna lulusan perguruan tinggi.

Saya, Restinauli Natalia, Prodi Manajemen, diberikan kesempatan berharga untuk ikut ambil bagian di dalam program ini sebagai perwakilan dari Universitas Sari Mutiara Indonesia, di mana PMMB Gelombang I dilaksanakan di PT ASABRI (Persero) Kancab Medan yang dimulai sejak bulan Februari 2019 dan berlangsung selama 6 (enam) bulan.

PT ASABRI (Persero) sendiri adalah salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang asuransi sosial bagi Prajurit TNI, Anggota Polri dan Pegawai ASN di lingkungan Kemhan serta Polri. Dalam PP Nomor 102 Tahun 2015, menyatakan bahwa Prajurit TNI, Anggota Polri dan Pegawai  ASN Kemhan/ Polri wajib menjadi Peserta  ASABRI. Adapun program-program ASABRI antara lain Tabungan Hari Tua (THT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKm), dan Jaminan Pensiun (JP).

Selama kegiatan magang berlangsung, saya dihadapkan dengan situasi dan kondisi dunia kerja yang sesungguhnya, di mana tugas-tugas yang diberikan sedikit banyak melatih saya dalam memanfaatkan ilmu pengetahuan yang didapat selama berkuliah juga menambah ilmu pengetahuan baru yang tidak diajarkan di bangku kuliah sebelumnya, yang hanya bisa didapatkan saat kita terjun ke dalam dunia kerja. Saya banyak belajar dari para karyawan, Kepala Bagian bahkan Kepala Kantor Cabang mengenai urusan-urusan di bagian Administrasi dan Umum serta Pelayanan. Pada tiga bulan pertama program magang, saya ditugaskan di bidang Administrasi dan Umum.

Di sini, saya belajar mengenai tata persuratan dinas, pengarsipan surat, pertanggungjawaban keuangan serta perhitungan dan pelaporan pajak, dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Bagi saya, pengalaman ini terasa sangat menarik, karena di sinilah saya menemukan dan mempelajari hal-hal baru yang tidak saya temukan saat kuliah. Tiga bulan berikutnya, saya bertugas di bidang Pelayanan, di mana saya mempelajari persyaratan klaim asuransi dan pensiun, melakukan mutasi, request data dan entri data SPTB serta pengarsipan berkas pensiun. Selain bekerja di dalam kantor dengan para karyawan, saya juga berkesempatan untuk berhadapan dengan peserta rawatan ASABRI, walaupun masih lewat telepon, sehingga melatih sikap dan kepekaan saya dalam melayani para peserta.

PMMB juga ampuh mengasah soft skills agar kepribadian saya bisa menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya, karena dalam bekerja diperlukan disiplin tinggi, kemampuan komunikasi yang baik kepada atasan dan sesama rekan kerja bahkan kepada pengguna layanan yang diberikan oleh perusahaan, kemampuan membangun kerja sama yang baik, sikap sopan santun, kemampuan mengatasi masalah-masalah yang ditemui, sikap kreatif dan inisiatif juga penuh rasa ingin tahu, dan lain sebagainya.

Menurut saya, kegiatan PMMB ini sangat positif untuk terciptanya generasi muda yang siap bersaing di dunia kerja juga sangat menguntungkan baik bagi perusahaan BUMN dalam mencari kandidat terbaik sebagai bagiannya, bagi pihak universitas yang menjalin kerja sama sebagai pemacu semangat untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan para mahasiswanya, dan bagi para peserta untuk memperkaya diri agar siap bersaing di dunia kerja, terutama di perusahaan BUMN yang banyak diidamkan.

Terima kasih PT ASABRI (Persero)!

Bagikan ke Sosial Media