SOSIALISASI KESEMPATAN KERJA KE LUAR NEGERI 2017

SOSIALISASI LAPANGAN PEKERJAAN G TO G KE JEPANG OLEH PUSAT PENGEMBANGAN KARIR BEKERJASAMA DENGAN BNP2TKI & BP3TKI SUMATERA UTARA

Dalam rangka menjembatani calon lulusan dan alumni Universitas Sari Mutiara Indonesia (USM-Indonesia), pada hari Kamis, 18 Mei 2017 bertempat di Ign. Drs. Washington Purba Hall, Pusat Pengembangan Karir (PPK) USM-Indonesia mengadakan sosialisasi tentang lapangan pekerjaan untuk tenaga kesehatan dalam program G to G (Government to Government). USM-Indonesia  sangat menyambut baik tawaran kerjasama G to G ini, dimana pemerintah dalam hal ini BNP2TKI dan BP3TKI Sumatera Utara, memfasilitasi pengiriman tenaga kerja kesehatan ke Jepang. Persyaratan serta pendaftaran untuk menjadi nurse dan careworker di Jepang pun dipaparkan dengan sangat jelas kepada mahasiswa tingkat akhir program studi NERS dan D3 keperawatan Universitas Sari Mutiara Indonesia.

Pada kesempatan ini tim pemateri memaparkan tiga topik utama yaitu peluang kerja yang ada di luar negeri, jenis program kerja sama G to G, serta proses dan persyaratan untuk menjadi nurse dan careworker di Jepang. Ada lima mekanisme penempatan kerja keluar negeri yaitu : 1) Private to private 2) Government to Private 3) Intra Corporate Transfer 4) Government to Government  5) Teritory (mandiri). Disebutkan, program G to G dari Indonesia hanya diterapkan di dua negara yaitu Jepang dan Korea. Pengiriman tenaga kesehatan ke Jepang ini termasuk salah satu program G to G yang dikelola oleh pemerintah Indonesia bekerja sama dengan pemerintah Jepang. Kelebihan dari program G to G adalah kenyamanannya karena berhubungan dan ditangani langsung oleh pemerintah. Sehingga tenaga kerja yang dikirim haruslah yang memiliki kompetensi, kontrak, job description, dan perlindungan yang jelas.

Acara sosialisasi yang dikelola oleh Pusat Pengembangan Karir (PPK) USM-Indonesia ini dihadiri oleh tim sosialisasi dari BNP2TKI dan BP3TKI, Ketua Yayasan Sari Mutiara, Bapak Parlindungan Purba S.H, M.M, Rektor USM-Indonesia, Ibu Dr. Ivan Elisabeth Purba, M.Kes, Wakil Rektor Bagian Kemahasiswaan dan Alumni, Bapak Karnirius Harefa, S.Kp, S.Pd, M.Biomed, dan Ketua Pusat Pengembangan Karir USM-Indonesia, Ibu Dewi R. Bancin, SST. M.KM. Diharapkan, sosialisasi ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa dan alumni USM-Indonesia sehingga dapat lulus seleksi dan bekerja sebagai tenaga kesehatan di Jepang.

Bagikan ke Sosial Media

Tags: