Tentang Kami

Pusat Pengembangan Karir (PPK) Universitas Sari Mutiara Indonesia hadir untuk menjadi partner bagi calon lulusan USM-Indonesia dalam mengembangkan potensi dan kompetensi yang dimiliki hingga mereka diterima oleh industri/users dengan melaksanakan program-program yang berkaitan dengan persiapan memasuki dunia kerja dan hingga melakukan pelacakan terhadap lulusan setelah bekerja. 

  • Sejarah

Pusat Pengembangan Karir (PPK) Universitas Sari Mutiara Indonesia dibentuk pada tanggal 9 September 2013 sesuai SK Rektor Nomor 335/A/USM/IX/2013. Sejak dibentuknya PPK USM-Indonesia pada tahun 2013, telah dilakukan pelacakan terhadap alumni dengan system manual. PPK juga mengadakan berbagai pelatihan dibawah Wakil Rektor bidang kemahasiswaan dan alumni dalam kegiatan workshop serta seminar untuk mempersiapkan calon lulusan memasuki dunia kerja. Pada tahun 2015, USM-Indonesia mendapatkan dana bantuan untuk mengembangakan pusat karir dari  Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). PPK terus berbenah seiring dengan perhatian khusus dari Kemenristekdikti dan pada tahun 2016 USM-Indonesia kembali dipercayakan untuk menerima dana bantuan tracer study (pelacakan alumni) dari Kemenristekdikti. 
  • Kegiatan 

Dalam menjalankan fungsinya, PPK melaksanakan berbagai  kegiatan antara lain: 
  1. Melaksanakan pelatihan dan atau seminar bagi mahasiswa semester akhir dan lulusan baru untuk meningkatkan employability,  misalnya pembuatan surat lamaran, teknik berkomunikasi pada saat wawancara, performance di tempat kerja, etika dan etiket, softskill, pengenalan dunia kerja dan lain sebagainya.
  2. Menyediakan informasi lowongan kerja.
  3. Memfasilitasi proses rekrutmen tenaga kerja (in-campus recruitment).
  4. Memasarkan lulusan ke user/industri kerja yang relevan.
  5. Membina komunikasi aktif dengan semua lulusan yang diharapkan dapat menjadi nara sumber dan sumber informasi bagi lembaga Pusat Pengembangan Karir (PPK) USM-Indonesia.
  6. Menyediakan layanan konsultasi dan bimbingan karir bagi mahasiswa dan alumni dalam meghadapi pasar kerja (career guidance).
  7. Melaksanakan pelacakan alumni, melakukan riset pasar antara lain tentang: kebutuhan dunia kerja akan kompetensi; kualifikasi dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan; kesenjangan gender; upah pekerja; peluang kerja; dan lainnya
  8. Memetakan kesenjangan kompetensi lulusan dengan tuntutan dunia kerja
  9. Menjalin dan membina hubungan yang harmonis dengan  stakeholders.
  • Struktur Organisasi

Pusat Pengembangan Karir (PPK) USM-Indonesia sesuai dengan SK Rektor Nomor 335/A/USM/IX/2013, dipimpin oleh seorang ketua dibantu sekretaris, divisi IT, divisi pelatihan, divisi tracer study dan divisi keuangan. Pusat Pengembangan Karir USM-Indonesia berdiri sebagai suatu unit kerja dibawah Wakil Rektor bidang kemahasiswaan dan alumni. 
Susunan kepengurusan Pusat Pengembangan Karir Universitas Sari Mutiara Indonesia periode 2017-2020: 
Penanggungjawab                : Karnirius Harefa, S.Kp, M.Biomed 
Ketua                                         : Dewi R. Bancin, SST, MKM
Sekretaris                                  : Orde Koria Saragih, S.Pd, M.Ed 
Divisi Informasi &Teknologi  : Ns. Galvani Volta Simanjuntak, M.Kep
Divisi Pelatihan                        : Frida L. Saragih S.Pd, M.Kes 
Divisi Tracer Study                  : Ns. Gembira Arkemo Situmorang, S.Kep
Divisi Keungan                        : Owen De Pinto Simanjuntak, SE, MM