SEMINAR KEWIRAUSAHAAN OLEH PUSAT PENGEMBANGAN KARIR USM-INDONESIA

Melihat kurangnya ketersediaan lapangan pekerjaan dan tingginya kompetensi yang diinginkan oleh para industry pengguna tenaga kerja (user), jumlah pengangguran yang meningkat pun semakin tak terelakkan. Belum lagi issue terkini terkait kebijakan pemerintah tentang moratorium penerimaan pegawai negeri sipil (PNS) selama lima tahun kedepan. Hal ini menjadi perhatian khusus bagi PPK yang mempersiapkan lulusan memasuki dunia pekerjaan sejak masih menjadi mahasiswa, menjelang masa transisi, hingga diterima oleh para user

Dengan dasar permasalahan yang sudah dijelaskan pada latar belakang, maka PPK memiliki pemikiran dan beban moral terhadap para calon alumni dalam menghadapi masa transisi bahwa mereka juga mampu untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri (entrepreneurship) dengan berwirausaha. Calon lulusan perlu dibukakan mengenai dunia kewirausahaan supaya motivasinya bangkit dan terfikir untuk melihat peluang yang ada dan berani untuk menciptakan usaha yang berasal dari ide-ide yang mereka miliki. Namun demikian, menerjuni dunia kewirausahaan tidak boleh dilakukan secara asal-asalan dan serampangan. Karena dunia entrepreneurship pun penuh dengan tantangan dan hambatan. Jika tidak memahami ilmunya, tidak menguasai kunci-kunci suksesnya, dunia entrepreneur juga bisa mengantarkan kepada kegagalan. Inilah yang harus diminimalisir dengan cara membagikan ilmu-ilmu kewirausahaan yang bisa langsung diaplikasikan secara praktis dalam dunia bisnis yang diterjuni sehingga jalan untuk mencapai kesuksesan akan cepat terwujud.

Dengan semakin banyaknya entrepreneur, maka diharapkan permasalahan pengangguran dapat berkurang dengan sendirinya dan para lulusan USM-Indonesia dapat berkiprah didunia kerja seperti harapan PPK USM-Indonesia. Oleh karena itu, untuk menghasilkan lulusan yang bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dan mencetak entrepreneur- entrepreneur yang unggul, PPK berniat untuk mengadakan seminartentang kewirausahaan sebagai wujud peduli PPK dalam mempersiapkan para calon lulusan berdaya saing dalam era ekonomi.

PPK Universitas Sari mutiara Indonesia bersinergi dengan FKPSU untuk melaksanakan seminarini. Forum Kewirausahaan Pemuda Sumatera Utara (FKPSU) adalah sebuah wadah untuk setiap pemuda yang ingin mengembangkan diri di bidang kewirausahaan untuk mendukung upaya peningkatan ekonomi masyarakat. FKP didirikan di Anyer Provinsi Banten pada hari Senin tanggal satu bulan Nopember tahun 2010 sampai batas waktu yang  tidak di tentukan. Badan hukum FKP adalah organisasi kepemudaan dibidang kewirausahaan. FKP bersifat Independen, Musyawarah, Profesional, dan Bertanggung Jawab. Sebagai salah satu kegiatan edukasi bisnis, dan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan di tahun ini, maka FKPSU mengadakan kegiatan “goes to Campusdengan tema ” Saatnya Menjadi Pemuda yang Unggul, Mandiri an Innovatif dalam Berwirausaha”.

Bagikan ke Sosial Media

Tags: